#PermenDinginMenyegarkan
Music
Bukan Sekedar Gaya-gayaan, Gaya Rambut Punk Ini Ternyata Punya Makna dan Historisnya Lho!

Bukan Sekedar Gaya-gayaan, Gaya Rambut Punk Ini Ternyata Punya Makna dan Historisnya Lho!

Cherry Mints
30 Mar 2018, Music
258 Views
Share

Lahir dari semangat perlawanan, tentu saja perjalanan sejarah punk pun nggak bakalan lepas dari semangat tersebut. Tidak hanya dari sikap dan pemikiran, mereka pun kerap menunjukan semangat perlawanan dari mulai gaya berpakaian, hingga aksesoris dan gaya rambut.

Terkait gaya rambut, berikut merupakan beberapa gaya rambut yang bisa digunakan anak-anak punk, lengkap dengan makna dan historinya.

Rambut Mohawk

Tahu kan gaya rambut mohawk. Nah gaya rambut ini ternyata bukan cuma buat gaya-gayaan saja lho, tapi sebagai bentuk protes komunitas punk terhadap sikap orang kulit putih yang memberangus keberadaan suka Indian, sekaligus dukungan penuh kepada suku Indian untuk bangkit kembali.

FYI aja, gaya rambut mohawk emang pertama kali dipakai oleh suku Indian di Amerika Utara, dengan ciri khas bagian pinggir kepala dibuat tipis, sementara bagian tengah rambut dibiarkan lebat.

Rambut Spike

Selain gaya rambut mohawk, gaya rambut spike pun cukup populer dikalangan anak-anak punk. Ciri khas dari gaya rambut ini adalah, rambut ditata sedemikian rupa hingga mirip seperti durian, dengan bantuan lem kayu, pomade, hair spray dan produk lainnya.

Gaya rambut spike sendiri merupakan sindirian telak anak-anak punk untuk kaum borjuis yang biasanya tampil dalam bentuk rambut klimis, yang menyimbolkan kemodernan, berkelas dan kemapanan.

Rambut Bleach

Kalau rambut ini emang agar modern, dengan ciri khas gaya rambut yang lebih terlihat kasual. Cuma bedanya, rambut dicat dengan satu atau dua kombinasi warna mencolok sesuai dengan selera. Kalau masih bingung, kamu bisa melihat gaya rambut Hayley Williams.

Gaya rambut ini pertama kali diadopsi oleh komunitas punk di Inggris pada tahun 90an. Tujuannya sama seperti rambut spike, yakni melawam kerapihan dan kemapanan gaya rambut kaum borjuis yang klimis.

Skin Head

Sesuai dengan namanya, gaya rambut ini emang nggak pake rambut alias botak atau sangat pendek (sekitar ½ cm). Untuk yang masih ada rambutnya sedikit, biasanya mereka akan membuat pola-pola unik, seperti berupa garis zig-zag, gaya tribal dan lainnya.

Kalau yang ini biasanya diadopsi oleh anak-anak punk yang bekerja. Selain itu, gaya ini pun dianggap sebagai simbol perlawanan untuk lepas diri dari norma-norma yang masyarakat.

Comments
0 comments
Category
Music
Share

Leave a Reply

BACK To Top
Diproduksi oleh/Manufactured by:

PT. KONIMEX INDONESIA

Sukoharjo 57552 - Central Java
Indonesia

PO. BOX 233 SOLO 57102

Subscribe

Jangan lupa subscribe untuk stay update sama artikel-artikel keren kita ya Frozzaholic.

Switch to mobile version