Dimanapun kamu berada, pasti sering banget kan mendengar lagu Akad dari Payung Teduh. Biasanya, lagu ini diputar di tempat-tempat nongkrong, cafe, dan radio-radio favorit anak muda.

Wajar memang, pasalnya selain enak didenger, lirik lagunya yang sangat dalem bisa bikin jomblo dan pasangan yang nggak kunjung menikah baperan. Hal ini memang sesuai dengan isi lagunya yang menceritakan tentang pernikahan.

Nah dibalik kesuksesan lagu Akad ini, tersimpan sebuah cerita pilu yang memang nggak seharusnya terjadi, yakni banyak orang yang dengan sengaja menyanyikan ulang atau meng-cover lagu tersebut, kemudian menjualanya tanpa seizin dari pihak Payung Teduh.

Well, kira-kira ginaman ya tanggapan pihak Payung Teduh atas maraknya pelanggaran ini?

Mengenai hal ini, Mohammad Istiqamah Djamad atau Is, vokalis band Payung Teduh, menyebut jika pihaknya sudah mengetahui dan mencoba menahan diri. Tentu saja pihaknya pun menyesalkan atas ramainya aksi pelanggaran hak cipta tersebut.

Lebih lanjut lagi, Is menyebut jika aktivitas menyanyikan ulang lagu Akad sebenarnya sah-sah saja, dengan catatan jangan diduitin. Kalau begitu caranya, sama aja dong dengan ngebajak?

Tidak hanya itu, dalam video satu menit yang diunggah ke akun Instagram-nya, Is menyebut jika beberapa orang mencover dan menjual lagu hasil coverannya tersebut di Spotify, iTunes dan lainnya, tentu saja semua itu tanpa seizin pihak Payung teduh

Selain itu, ada juga yang sampai perform di TV dan lainnya. Tentu saja untuk menghentikan semua pelanggaran yang sudah sangat brutal ini, Is merasa jika pihak manajemen akan melakukan tindakan tegas.

Ramai di YouTube

Apresiasi dari penikmmat musik kepada lagu Akad memang sangat melimpah. Hal ini dibuktikan lewat video klip Payung Teduh yang berhasil mengumpulkan lebih dari 18 juta penonton.

Selain itu, apresiasi yang luar biasa pun hadir dalam bentuk cover video. Nggak percaya? Coba saja kamu cari coveran lagu Akad di YouTube dengan keywords cover payung teduh akad, di sana kamu akan menemukan setidaknya 200 ribuan video yang membawakan lagu Akad dalam berbagai versi.

Bagaimana menurutmu Frozzaholics?